Atur Pemakaian Kulkas Anda Agar Hemat ListrikSering shock dengan berita kenaikan tariff dasar listrik yang semakin hari semakin naik? Pastinya semua mengalaminya. Terlebih lagi semakin hari kebutuhan kita akan energy listrik semakin besar dari mulai bertambahnya gadget, peralatan rumah tangga, mainan anak dan sebagainya.

Tak dipungkiri adanya teknologi terbaru  yang menggunakan energy listrik sangat memudahkan kehidupan, tapi tentu saja ini berdampak pada banyaknya biaya listrik yang kita bayar. Untuk itu, sebenarnya ada tips dan trik sederhana yang bias kita lakukan untuk menghemat pemakaian listrik. Nah, untuk kali ini kita mulai penghematan kita dari pemakaian kulkas yang ada di rumah kita.

Kulkas atau sering juga disebut lemari es saat inis udah merupakan kebutuhan primer rumah tangga. Terbayangkan jika kita tak punya kulkas di rumah? Di mana kita akan menyimpan sayur mayur, buah, dan segala bahan–bahan untuk masak. Tanpa kulkas, bahan-bahan tersebut dengan cepatnya akan busuk apalagi dengan suhu Indonesia yang cenderung hangat.

Berdasarkan data yang ada, kulkas adalah peralatan dapur yang paling memakan energy listrik. Ada beberapa poin untuk menghemat listrik dari kulkas di rumah anda yakni sebagai berikut :

  • Sesuaikan ukuran kulkas sesuai dengan kebutuhan anda. Jika kebutuhan penyimpanan anda tak terlalu banyak, cukup beli kulkas ukuran sedang. Maksimalkan pengaturan ruang penyimpanan dalam kulkas.  Usahakan kulkas anda selalu penuh, karena ruang kosong pada kulkas berarati membuang listrik lebih banyak.  Masukkan kotak-kotak kosong dalam kulkas agar listrik yang terbuang tidak terlalu banyak.
  • Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es. Tahukah anda, saat membuka pintu lemari es energy yang diperlukan adalah tigamenit energy penuh untuk membuat kulkas dingin kembali kesuhu yang diiinginkan.
  • Cek karet di pintu lemari es. Karet yang tidak rapat akan menyebabkan kulkas tertutup tidak rapat. Hal ini berarti akan ada energy yang terbuang percuma.

Tidak sulitkan menerapkan tiga tips di atas? Apalagi dengan melakukan tips di atas, bias membantu menekan biaya listrik yang anda bayar setiap bulannya.

Oh ya, selain bias menghemat biaya listrik,  tips di atas juga mendukung gerakan “green living” . Konsumsi listrik merupakan memberikan sumbangsih terhadap produksi CO2 di atmosfer sebesar 19%. Nah, jika kita membantu menghemat listrik di rumah, berarti kita juga bias turut andil membantu gerakan penurunan emisi CO2 di atmosfer yang disinyalir menyebabkan global warming. Kerenkan?

Yuk jangan tunda lagi. Cek lagi kulkas anda, dan pastikan anda melakukan tips-tips di atas. Jangan kaget ya saat anda menerima tagihan listrik yang lebih murah dari bulan sebelumnya.

Atur Pemakaian Kulkas Anda Agar Hemat Listrik
Silahkan bagikan ini agar lebih bermanfaat: