hemat listrik dengan lampu LEDSekarang ini banyak sekali iklan lampu LED di televisi, koran, dan media cetak lainnya. Setiap kali iklan tentang lampu tersebut, biasanya sang produsen produk tersebut tak lupa mengikutkan kata hemat listrik dibelakangnya. Bagaimana sih lampu LED bisa menghemat listrik?

Tahukah Anda apa yang dimaksud lampu LED itu? Kata LED merupakan singkatan dari Light Emitting Diode. Jenis ini merupakan teknologi terbaru dari lampu-lampu yang sudah diproduksi sebelumnya, yakni lampu pijar dan lampu neon (fluorescent lamp).

Lampu LED Lebih Hemat Listrik dan Ramah Lingkungan

Lampu Pijar

Lampu ini adalah lampu yang umum kita jumpai di perkampungan, dengan cahaya berwarna kuning. Lampu pijar sering juga disebut dengan lampu bohlam. Dibandingkan dengan lampu jenis lain, lampu ini harganya lebih murah, tetapi kemampuannya hanya bertahan sekitar 1000 jam. Pemakaian lampu ini akan menghasilkan panas yang cukup besar.

Lampu Neon (fluorescent lamp)

Jika dibandingkan dengan lampu pijar, panas yang dihasilkan oleh lampu neon lebih kecil sehingga lebih hemat listrik. Usianya pun lebih lama yakni sekitar 10 ribu jam. Tetapi, lampu neon ini mengandung merkuri yang membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia.

Lampu LED (Light Emitting Diode)

Dibandingkan dengan dua lampu sebelumnya, Lampu LED memiliki daya tahan lebih lama yakni sekitar 100 ribu jam. Lampu ini juga tidak mudah rusak serta tidak diproduksi dengan bahan karbon sehingga bisa mengurangi pemanasan global.

Hemat Listrik + Usia Panjang = Hemat Uang

Jika saat ini Anda masih menggunakan lampu pijar di rumah Anda, tak ada salahnya Anda menggantinya dengan lampu LED. Lampu pijar / bohlam yang berkekuatan 75 watt memiliki penerangan yang sama dengan lampu LED berkekuatan 15 watt. Hmm, sudah bisa terbayangkan segi penghematan energinya?

Harga lampu LED memang sedikit lebih mahal, tetapi tagihan listrik Anda yang akan menurun, terlebih lagi usia lampu lebih panjang sehingga Anda tak perlu sering-sering mengganti lampu Anda. Jelas hemat listrik Bukan?

Berdasarkan data yang ada, jika seluruh penduduk dunia menggunakan lampu LED, maka energy listrik untuk penerangan bisa berkurang sebesar 50%. Wow, angka yang  fantastis bukan? Selain itu Anda juga bisa membantu implementasi gerakan “green living” karena lampu ini tidak menggunakan bahan karbon, sehingga menekan produksi karbon sebesar 300 juta ton pertahunnya.

Oh ya, satu lagi tips hemat pemakain lampu LED, bersihkan lampu secara berkala untuk menghilangkan debu yang menempel dengan kain basah atau Koran bekas sehingga pencahayaan lampu lebih maksimal. Tapi jangan lupa untuk mematikan listrik dan mencopotnya serta membiarkannya dingin terlebih dahulu (jika lampu baru saja dipakai) saat membersihkannya.

Nah tunggu apalagi, yuk ganti lampu bohlam Anda dengan lampu LED agar lebih hemat listrik, mulai weekend ini yaa 🙂

Hemat Listrik dengan Lampu LED
Silahkan bagikan ini agar lebih bermanfaat: