mengenal jenis-jenis pencahayaan ruanganPenerangan dalam rumah merupakan hal yang sangat vital. Bisa dibayangkan ruangan tanpa penerangan. Otamatis, ruangan tersebut akan kehilangan fungsinya.

Saat kita mengunjungi hotel, restoran atau tempat-tempat lain sering kali kita menemukan lampu-lampu yang diletakkan tidak disudut ruangan tetapi di beberapa tempat lain seperti di atas rak, di dekat patung, di atas tempat tidur dan lain-lain. Kesan yang ditimbulkan dari lampu tersebut pastinya menarik.  Nah, tahukah Anda lampu-lampu tersebut ternyata memilki nama yang berbeda sesuai dengan peruntukannya. Apa saja? Ini dia :

Penerangan Umum (General Lighting)

Tipe penerangan semacam ini adalah tipe penerangan yang sangat umum kita jumpai di berbagai rumah. General lighting ini merupakan tipe penerangan dengan menggunakan sumber cahaya yang cukup besar yang bisa menyinari seluruh ruangan. Untuk lampu jenis ini, biasanya diletakkan di langit-langit sehingga cahayanya bisa menyinari seluruh ruangan.

Accent Lighting

Saat kita mengunjungi museum, sering kali kita melihat ada lampu yang menerangi benda yang dipamerkan. Lampu jenis inilah yang disebut dengan accent lighting. Dengan kata lain, accent lighting ini digunakan untuk menerangi sesuatu yang khusus seperti benda seni, rak, atau aksesoris. Accent lighting ini fungsi utamanya bukan sebagai pencahanyaan, tetapi lebih untuk menampilan unsur keindahan.

Untuk di rumah, accent lighting ini digunakan untuk menonjolkan beberapa karakter sehingga ruangan akan terasa lebih hidup. Untuk accent lighting ini gunakan cahanya yang sifatnya tiga kali lebih terang dibandingkan dengan pencahayaan ruangan.Untuk rumah anda, gunakan accent lighting ini di barang-barang yang ingin anda tonjolkan seperti patung atau lukisan.

Task Lighting

Task lighting merupakan jenis penerangan yang diperuntukkan untuk mempermudah pekerjaan seperti membaca, belajar atau memasak. Adanya task lighting ini membantu kita untuk fokus melakukan suatu pekerjaan, membuat mata tidak cepat lelah, dan memperjelas objek pekerjaan.

Salah satu contoh task lighting yang umum digunakan di rumah adalah lampu belajar yang diletakkan di atas meja, lampu yang diletakkan di dekat kompor, dan lampu pada ruang kerja anda.

Decorative Lighting

Selain berfungsi sebagai penerangan, decorative lighting ini juga berfungsi menambah estetika.Tak heran, lampu untuk decorative lighting ini cukup bervariasi dalam hal warna, model, dan bahan. Banyak sekali model decorative lighting ini yang bisa anda sesuaikan dengan selera anda mulai dari gaya klasik, minimalis atau modern.

Untuk di rumah, umumnya decorative lighting ini biasanya diletakkan di ruang tamu sehingga bisa menonjolkan kesan wah dari rumah.

Nah setelah mengenal jenis-jenis lampu tadi, apakah anda tertarik untuk mengatur kembali pencahayaan di rumah anda? Selamat bereksperimen ya..

Mengenal Jenis-jenis Pencahayaan Ruangan
Silahkan bagikan ini agar lebih bermanfaat: