Anda pernah mendengar nama bunga Bleeding Heart (Dicentra spectabilis / Lamprocapnos spectabilis) yang berasal dari Asia bagian timur dan banyak juga ditemukan di Amerika Utara? Tanaman perdu /semak ini memiliki bunga yang sangat cantik tetapi juga memilukan. Bagaimana tidak, Anda bisa melihatnya sendiri bentuk bunga “hati yang berdarah” ini menyerupai hati, dan yang unik yaitu terdapat juntaian kelopak yang menyerupai tetesan darah.

bunga bleeding heart, bunga bentuk hati, bunga hati terluka, bunga unik dan cantik

Bunga berbentuk hati yang cantik ini memiliki warna yang lembut dan menawan, yang paling populer yaitu pink dan putih dan sangat jarang sekali yang berwarna merah. Nah, ketika bunga Bleeding Heart mekar ditandai dengan terbukanya kelopak bunga sehingga bentuk yang semula menyerupai hati yang utuh menjadi hati yang terbelah. Ketika musim berbunga, kanopi tanaman dipenuhi dengan bunga-bunga yang cantik di sepanjang tangkai bunganya.

tanaman bleeding heart, pohon bunga bentuk hati, bunga unik dalam pot

Kisah Bunga Bleeding Heart di Jepang

Seperti bunga-bunga cantik yang lain, bunga aneh ini pun memiliki cerita asal usulnya. Kisah ini tentu saja seputar percintaan 2 insan, entah cerita ini benar nyata atau hanya dongeng belaka untuk memperkuat kesan cantik dari bunga ini.

Jaman dahulu kala ada seorang pemuda di Jepang berusaha untuk mendapatkan cinta dari seorang gadis muda yang sangat cantik. Pemuda itu memberikan hadiah yang sangat special untuk memikat sang gadis. Pertama dibawakannya sepasang kelinci yang sehat dan lucu untuk dijadikannya hewan peliharaan. Wanita pujaannya itu sangat senang, tetapi sayang ia tidak bisa menerima cinta sang pemuda.

Tak patah arang, pemuda itupun kembali mencoba dengan memberikan sepasang sandal yang indah dan lembut yang terbuat dari sutra berkualitas tinggi. Dan untuk kedua kalinya wanita itu menerima pemberian si pemuda namun tidak tidak juga hatinya menjadi luluh.

Kemudian pemuda tampan itu berputus asa, ia kerahkan semua tabungannya yang tersisa untuk membeli sepasang anting-anting yang indah yang sanggup ia beli. Tidak ada lagi apa-apa yang ia miliki setelah ini. Dan ketika hadiah itu diserahkan untuk sang pujaan hati, lagi-lagi perasaan wanita itu tidak berubah terhadapnya.

 kisah percintaan bleeding heart, bagian-bagian bunga

Hati si pemuda ini kecewa, putus asa dan hancur karena apapun yang dilakukannya tidak dapat menjadikan si gadis pujaan menjadi luluh dan menerimanya sebagai kekasih. Kemudian ia mengambil sebuah belati ditusukkan ke jantungnya sendiri. Saat itu juga sang pemuda mati bersimbah darah di depan si wanita. Nah, di tempat ia mati itulah mulai bermunculan tanaman Bleeding Heart yang indah dan akan terbelah saat bunga mekar.

bleeding heart mekar, bunga bentuk hati mekar, bunga bermekaran

Menanam Bunga bleeding Heart di Pekarangan

Tanaman unik ini sangat indah ditaman di pekarangan rumah, bentuknya semak sehingga cocok ditanam tepat di depan rumah atau di sudut taman sebagai daya tarik tersendiri. Tingginya mencapai 120cm dengan lebar kanopi sekitar 45cm dengan tangkai bunga yang panjang dipenuhi bunga-bunga berbentuk hati yang menjuntai. Namun sayangnya hanya cocok ditanam di daerah subtropik alias tidak cocok di Indonesia yang beriklim tropik.

Perbanyakan dilakukan dengan menggunakan biji pada awal musim semi, stek batang maupun umbi akarnya. Media yang disukai bunga Bleeding Heart yaitu lembab dan cenderung asam di tempat yang ternaungi oleh tumbuhan lain atau bisa juga dengan pemberian paranet/peneduh.

Anda suka dengan artikel ini? yuk bagikan ke teman-temanmu dengan menekan salah satu tombol sharing di bawah ya.. mereka pasti suka juga membacanya.. salam green! ^^

Bunga Bleeding Heart nan Menawan Sekaligus Memilukan